APSI-3-1-Quiz

1. Tentukan sebuah perusahaan atau organisasi sebagai studi kasus.
G2A

2. Buatlah deskripsi perusahaan tersebut.
G2A adalah salah satu gaming marketplace yang ada di dunia yang menjual berbagai kebutuhan gamers di dunia, seperti Key Game, Steam Wallet, In-game Item, dan berbagai kebutuhan lainnya.

3. Identifikasi Teknologi Informasi dan Sistem Informasi yang ada di perusahaan/ organisasi tersebut.
- Hardware: Komputer sebagai server, komputer untuk kantor dan pegawai.

- Software: Merupakan software yang digunakan untuk membuat G2A, digunakan untuk Eksekutif dan Manager, Penjual dan pembeli, dalam kasus ini merupakan Aplikasi Web dan Mobile Apps dari G2A sendiri, Aplikasi Android / IOS untuk kelas manager dan eksekutif, aplikasi standar untuk penjual dan pembeli.

- People: Orang-orang yang menggunakan produk G2A adalah penjual, pembeli, investor dan owner.

- Data: Data pemilik dan penjual barang, data transaksi, data pengiriman dan data penjualan sebagai penunjang kinerja bisnis. Untuk kelas eksekutif ada data untuk memonitor kinerja keseluruhan dan data untuk investor.

- Sistem Pembelian: Sama seperti kebanyakan marketplace, langkah pertama yang dilakukan pembeli adalah memilih produk yang disediakan di website G2A.com. Setelah pembeli memilih, pembeli dipersilahkan untuk memeriksa informasi produk yang ingin dibeli oleh pembeli tersebut. Setelah pembeli yakin ingin membeli barang tersebut, maka pembeli memasukkan item tersebut ke keranjang belanja yang sudah disediakan. Setelah pembeli mengkonfirmasi keranjang belanjanya, pembeli akan diarahkan ke halaman pembayaran, dimana pembeli diminta untuk mengisi data tentang pembeli seperti nama, email, dan lain-lain. Setelah itu pembeli memilih metode pembayaran yang disediakan, melakukan pembayaran sesuai yang dicantumkan, lalu pesanan anda segera dikirimkan ke alamat yang sudah ditulis di data tentang pembeli seperti email.

- Sistem Pembayaran: G2A menyediakan payment gateway dan berbagai metode pembayaran, yang terdapat pada gambar dibawah ini.

4. Klasifikasikan Sistem Informasi yang ada berdasarkan Klasifikasi OBrien.



5. Buatlah mapping klasifikasi sistem informasi tersebut ke dalam Piramida Penggunanya.



Comments

Popular posts from this blog

Tugas 3 MPPL - Kerangka Acuan Kerja PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak

Analisis Perancangan Sistem Informasi Square Enix

Tugas 2 APSI - Functional Business System